Kali ini
saya mau ngasih seperangkat tutorial menguasai software pengolah grafis 3D,
yaitu Blender. Tutorial ini akan dibahas mulai dari jendela utama pada Blender
dan tools atau perangkat-perangkat yang ada pada apliaksi Blender itu sendiri.
Akan mimin jelaskan secara detail dan semudah mungkin agar pembaca dapat
memahami dan mengerti dengan setiap bagian pada Blender.
Untuk tools
mungkin kali ini akan dibahas bagian-bagian penting saja dari Blender, atau
bias dikatakan bagian yang sering digunkan ketika modelling atau membuat
animasi.
So, Let's
get started.....
· Pengenalan Interface pada Blender
Oke, pada
bagian pertama ini, saya akan jelaskan bagian-bagian pada jendela utama Blender
ketika sobat membuka aplikasinya. Yang saya gunakan ini adalah Blender dengan
versi 2.72 dengan tampilan awal seperti berikut:
Oke,
tempilan diatas adalah tampilan awal Blender ketika dibuka. Jendela yang muncul
langsung mengarah ke working window atau jendela kerja-nya blender dengan menu
box yang berisikan links dan Recent. Links biasanya mengarah ke support
Blender, dan recent adalah project kalian yang baru saja kalian buat.
Untuk
memulai project sendiri cukup klik sembarang pada jendela Blender.
Setelah
kalian buka Blender-nya, sekarang saya jelaskan setiap bagian-bagian pada
jendela Blender nama dan kegunaannya. Coba kalian perhatikan gambar berikut:
Pada jendela
utama, ada beberapa bagian yang akan dijelaskan. Sebelumnya disebutkan dulu,
pada bagian kiri jendela dinamakan Tools Shelf, tuh yang ada Transform,
Edit dsb. Lalu bagian atas namanya Info Window. Layar ditengah yang ada
kubusnya dinamakan 3D View Window. Lalu dikanannya ada Properties.
Kanannya lagi ada Outliner Window dan Editor Window. Di bagian
bawah, ada Menu 3D View, Timeline Window, dan Playback Window.
Bagian-bagian
tersebut adalah bagian yang wajib diketahui jika kalian ingin memuai untuk
mempelajari Blender.
Oke sekarang
kegunaan dari masing-masing window akan saya jelaskan:
1. Tools Shelf
Merupakan
bagian yang cukup krusial ketika mengerjakan projek. Tools Shelf merupakan
kumpulan dari tools yang berguna untuk memanipulasi layar kerja 3D view, objek
3D, Animasi, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan projek yang dikerjakan.
Jadi kalian dapat melakukkan manipulasi objek dengan tools ini.
- Tools : Pada tools, terdiri dari Transform dan Edit. Transform sendiri untuk melakukkan manipulasi posisi objek, rotasi objek, dan skala objek. Edit untuk menduplikat dan melakukkan join.
- Create : Tool ini berfungsi untuk menambahkan berbagai macam mesh atau objek yang akan ditampilkan pada 3D view Window.
- Relations ; Kegunaan tool ini adalah untuk membuat beberapa objek terseleksi ke dalam satu grup.
- Animation : Digunakan ketika membuat animasi.
- Physics : Tool yang berkaitan dalam membuat rangka pada objek.
- Grease Pencil : Tool ini berfungsi untuk menggambar suatu objek 2D pada objek 3D.
Beberapa
tool yang ada pada Tools Shelf dapat langsung kita gunakan dengan menekan
tombol pada keyboard.
2. Info Window
Merupakan
bagian pada window yang berfungsi untuk menampilkan informasi terhadap projek
yang sedang dikerjakan. Informasi dapat dilihat pada bagian kanan atas info
window. Selain menampilkan informasi, juga menampilkan jenis layout interface
yang sedang bekerja.
3. 3D View Window
Ini dia
window yang paling banyak digunakan. Window ini merupakan jendela utama dalam
menaruh objek 3D yang akan dimanupulasi. Semua kegiatan dikerjakan di window
ini. Nama lainnya adalah viewport.
4. Menu 3D View
Merupakan
menu yang menyediakan opsi pada layar 3D view.
5. Properties
Bagian ini
berisikan parameter yang umum pada objek 3D. Window ini ketika pertama membuka
Blender biasanya tidak tampil. Maka untuk menampilkannya kalian cukup tekan
keyboard N. Window ini cukup penting untuk memanipulasi parameter pada objek.
6. Outliner Window
Window yang
satu ini merupakan window yang menampilkan semua objek yang dibuat. Juga
terdapat pengaturan untuk setiap objek. Sekilas Nampak seperti pengaturan layer
pada photoshop. Tetapi perbedaannya, pada outliner ini, berisikan objek-objek
yang kalian buat.
7. Editor Window
Nah, ini
merupakan bagian yang penting juga dari Blender. Karena di sinilah tempatnya
mengedit objek yang kalian buat.
- Render : Gambarnya kamera. Ini berfungsi untuk mengatur ketika kita melakukkan rendering
- Render Layers : Kalau ini untuk melakukkan render yang ada pada scene berbeda.
- Scene : Berfungsi untuk mengatur layar kerja yang sedang aktif. Dinamakan scene untuk setiap layar kerja.
- World : Ini untuk mengatur background ruang pada 3D view. Kalian lihat kan default 3D View adalah warna abu-abu gelap. Maka world ini berfungsi untuk memberikan warna atau beckground dengan latar berbeda.
- Object : Tempatnya mengedit objek yang kalian seleksi.
- Constrain : Biasanya untuk melakukkan suatu action pada saat tertentu.
- Modifiers : Bagian ini merupakan pilihan untuk memodifikasi objek.
- Data : Biasanya digunakan untuk membuat grup pada objek terseleksi.
- Material : Material sendiri merupakan bagian untuk menambahkan warna pada objek.
- Texture : Kalau ini bagian untuk menambahkan corak dan tekstur pada objek.
- Particles : Berfungsi untuk menambahkan efek partikel.
- Physics : Digunakan untuk menambahkan efek fisik pada objek.
8. Timeline Window
Bagian ini
berfungsi untuk membuat alur gerakan atau alur aksi pada objek ketika membuat
animasi.
9. Playback Window
Untuk
memutar animasi yang sudah kita buat.
· View pada Layar
Ketika kita
sedang bekerja pada 3D view atau viewport, sudah pasti kita memerlukan posisi
view yang enak dan cocok. Apalagi karena kita melakukkan manupulasi terhadap
objek 3D. Maka itu kita dapat mengubah view pada layar agar tampilannya engga
gitu-gitu aja.
Perlu
diketahui, tampilan pada view terbagi 2 jenis yaitu Perspective dan Orthogonal
Tampilan
Perspective adalah tampilan pada objek dengan ukuran yang bergantung terhadap
perspektif dan titik sudut pandang manusia. Sehingga objek dapat terlihat
nyata akan jauh atau dekatnya.
Tampilan
Orthogonal adalah tampilan pada objek dengan ukuran yang sama untuk setiap
bangunannya. Jadi setiap objek tidak tergantung dengan sudut pandang.
Untuk
melihat view yang berbeda saya akan beritahu cara mudahnya yaitu dengan
menggunakan numpad.
o
Numpad 5 : Untuk
mengubah Pers – Ortho
o
Numpad 1 : Untuk
menampilkan Front Pers/Ortho
o
Numpad 3 : Untuk
menampilkan Right Pers/Ortho
o
Numpad 7 : Untuk
menampilkan Top Pers/Ortho
o
Numpad 4: Layar
berputar ke arah kiri
o
Numpad 2: Layar
berputar ke arah bawah
o
Numpad 8: Layar
berputar ke arah atas
o
Numpad 6: Layar
berputar ke arah kanan
o
Numpad 0 : Untuk
masuk ke Camera View
Bagi yang
tidak ada numpad atau menggunakan laptop, dapat menekan fungsi fn dan
keyboard yang mendeklarasikan angka.
Atau cara
manual dengan memilih menu view pada 3D view menu.
Jadi sekian
penjelasan untuk pengenalan interface dan view pada layar Blender.
Semoga
bermanfaat :)
EmoticonEmoticon