Wednesday, March 22, 2017

Seminar MOU Mikrotik Academy - SMKN 3 JOMBANG


Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya pada Seminar Mikrotik. Pada hari Minggu, 5 maret 2017 tepatnya pada jam 09.00 di SMKN 3 JOMBANG, mengadakan acara Seminar Sertifikasi Mikrotik dan Peresmian Kerjasama ( MOU ) dengan Mikrotik Academy, bersama dengan PT. Integrasi Data Nusantara. Seminar ini dihadiri oleh: Pak Gatot Wachid Widharto selaku kepala sekolah Pak Winarno selaku kepala kompetensi TEI Pak Samsul Huda selaku kepala program bangunan Bu Amiroh selaku kepala kompetensi TKJ Pak Mudhofar selaku waka humas Pak Feri selaku fotografer Pak Dedi Gunawan selaku founder dari PT. Integrasi Data Nusantara dan juga sebagai pemateri pada acara seminar ini. dan seluruh anak kelas 10 dan 11, dan sebagian anak kelas 12.

Seminar ini diadakan dengan tujuan untuk memotivasi para siswa agar lebih semangat dalam belajarnya dan lebih bekerja keras lagi dalam meraih apa yang diinginkan. Mikrotik Academi adalah nama sebuah program dari perusahaan Mikrotik untuk Institusi pendidikan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Pada acara ini IDN berkaitan erat sebagai penghubung antara sekolah dengan Mikrotik Akademi yang berpusat di Latvia, Eropa. Dengan Kerjasama antara sekolah dengan IDN, siswa dan guru akan bisa mengikuti Training dan Sertifikasi Mikrotik Akademi. Beliau juga memotivasi kita semua dengan kata-katanya “Saya Murah karena kalau belajar kurang ini itu, gak ada ini itu, suka ngantuk, bosen, dan males, dll” yang maksudnya kita harus belajar dengan lebih giat lagi, lebih semangat lagi, dan lebih baik lagi. Dalam artian kita tidak boleh malas dalam belajar karena apa, belajar itu penting dalam hidup kita dan dalam kemandirian kita supaya kita bisa mencapai cita-cita yang kita inginkan tanpa adanya sebuah alasan.


Motivasi selanjutnya adalah “Saya Murah karena hanya sekedar bisa” dalam motivasi ini yang dimaksud adalah jika kita hanya sekedar bisa dalam hal yang kita tekuni tapi kita tidak mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari, itu percuma saja karena ilmu yang kita pelajari tidak akan berguna dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam motivasi kali ini “ Ingin Gaji Mahal ? skill mahal apa yang dimiliki” dalam artian jika kita ingin mendapatkan gaji yang mahal dalam perusahaan, kita harus mengetahui skill yang kita miliki. Jika skill atau keahlian kita tidak menunjang apa yang diinginkan oleh perusahaan , maka kita tidak akan mendapatkannya. Jadi kita harus mempunyai skill yang banyak serta tidak banyak orang yang mampu melakukannya, yaitu dengan cara menambah jam belajar kita dan mencoba kemampuan yang sudah kita pelajari di sekolah. Selanjutnya adalah sesi tanya jawab, dan dalam sesi ini ada salah satu siswa yang menanyakan “ Bagaimana cara menaikkan Gaji pak ? ”, dan beliaupun menjawab “ Pertama saya itu mendapatkan gaji satu juta dan saya gunakan untuk mengikuti training ke luar negeri tapi gagal, dan saya tetap selalu berusaha dan menambah belajar saya menjadi 15 jam. Dari situlah saya mendapatkan gaji saya yang awalnya satu juta menjadi milyaran rupiah.


Pesan dan kesan yang saya ambil dalam acara kali ini yaitu, saya ucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang mampu menyelenggarakan acara seminar kali ini, serta Terima kasih atas kedatangan Bapak Dedi Gunawan selaku Founder PT. IDN yang jauh-jauh dari Jawa Barat datang ke Jombang untuk menghadiri acara ini. Kesannya semoga lain kali ada seminar lagi yang memotivasi para siswa siswi SMKN 3 JOMBANG. Setelah saya mendapat motivasi dari beliau saya ingin lebih rajin dan semangat lagi saat belajar, karena saya ingin menjadi lebih baik lagi dari sekarang demi terwujudnya cita-cita dan harapan saya. Untuk acara selanjutnya dilanjutkan dengan penyerahan 20 buah routerboard yang diberikan kepada pihak sekolah dan diwakili oleh Pak. Gatot Wachid Widharto selaku kepala sekolah.


Selanjutnya yaitu penyerahan Sertifikat kepada Bu Amiroh yang lulus mengukuti sertifikasi mikrotik dengan nilai diatas 75. Acara terakhir yaitu pemotongan tumpeng yang diwakili oleh Pak. Gatot Wachid Widharto selaku kepala sekolah dan foto bersama dengan bapak Dedi Gunawan. Harapan saya yaitu semoga di tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya saya bisa melaksanakan semua motivasi-motivasi yang diberikan oleh bapak Dedi, dan lebih semangat lagi, lebih rajin lagi, dan lebih berkarya di bidang yang saya pelajari selama ini. Untuk harapan saya pada seminar mikrotik kali ini yaitu semoga semua siswa dapat lulus serifikasi mikrotik ( bagi yang mengikuti ), dan siswa TKJ atau yang lainnya bisa bekerja di perusahaan yang mereka minati baik di dalam maupun di luar NEGRI. Amin….. Berikut ini foto-foto acara seminar sertifikasi mikrotik : Foto penyerahan 20 buah routerboard Foto penyerahan sertifikat kepada Bu Amiroh.


EmoticonEmoticon