Sunday, November 12, 2017

Review Oppo F5 - Smartphone Oppo dengan Full View Display


Awal bulan November 2017 mendatang, Oppo menyebutkan bahwa mereka akan menghadirkan smartphone selfie terbaru mereka ke Indonesia. Smartphone tersebut adalah Oppo F5. Kabar terkait smartphone itu memang sudah cukup lama beredar, tetapi belum ada yang menunjukkan spesifikasinya. Kini, kabar resmi terkait spesifikasi tersebut akhirnya muncul, dan dikonfirmasi pula oleh situs resmi Oppo di negara tetangga kita, Filipina!


Kamera Selfie 20 MP


Sebagai smartphone selfie terbaru mereka, Oppo tentu saja membekali smartphone F5 ini dengan kamera selfie yang mengusung keunggulan tersendiri. Kamera selfie pada smartphone ini hadir dengan sensor 20 MP dan lensa f/2.0. Oppo menyebutkan bahwa kamera selfie ini juga mendukung fitur AI (artificial intelligence) untuk beautify. Sementara untuk kamera utama, Oppo menggunakan sensor 16 MP. Selain itu, kemampuan fotografi malam dengan kamera Oppo F5 juga didukung dengan kehadiran lensa bukaan besar f/1.8. Bisa dikatakan, meskipun Oppo F5 merupakan perangkat yang mengusung jargon Selfie Expert, kamera belakangnya tetap andal.

Gunakan Layar 2:1


Layar smartphone Oppo F5 ini hadir dengan layar Full Screeen FHD rasio 2:1 (18:9), seperti yang mulai banyak digunakan oleh smartphone keluaran terbaru, dengan resolusi 2160 x 1080 piksel. Oppo memilih untuk menggunakan layar berukuran 6.0″, dengan tipe panel LTPS IPS. Bezel di sekitar smartphone ini pun berukuran cukup tipis, tanpa ada tombol fisik di bawah layar. Warna yang disajikan cukup tajam, akurasinya pun cukup baik. Alhasil menonton video di YouTube jadi lebih menarik.

Usung SoC Baru: Helio P23

Hasil gambar untuk soc oppo f5

Untuk dapur pacu, ASRock menggunakan SoC MediaTek, Helio P23, untuk smartphone F5 ini. SoC tersebut mengusung fabrikasi 16 nm, dengan CPU octa-core Cortex A53 yang terbagi dalam dua cluster, dengan empat core di cluster “big” beroperasi di clock 2.3 GHz dan empat core di cluster “LITTLE” beroperasi di clock 1.65 GHz. GPU yang digunakan di SoC itu adalah Mali-G71 MP2.


SoC ini akan didukung dengan RAM 4 GB atau 6 GB, dengan opsi storage internal 32 GB atau 64 GB. Baterai di smartphone ini berkapasitas 3200 mAh. Sementara untuk opsi konektivitas, smartphone ini tentu saja mendukung 4G LTE, WiFi dual-band dengan standar 802.11 a/b/g/n, serta Bluetooth 4.2. Smartphone ini memiliki fingerprint scanner di sisi belakang, serta menggunakan port Micro USB.
Oppo akan menawarkan smartphone ini dengan ColorOS 3.2, dengan basis Android 7.1 Nougat. Smartphone ini akan hadir dalam tiga warna, yaitu emas, hitam, dan merah. Oppo juga belum memberikan konfirmasi terkait banderol harga perangkat yang menggantikan Oppo F3 ini. Namun, Oppo menjamin perangkat ini akan memiliki kesesuaian harga antara kualitas kamera, desain, dan berbagai fitur di dalamnya. Mari kita tunggu saja Oppo mengumumkan harga resmi smartphone ini di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Desain Menawan

Hasil gambar untuk soc oppo f5

Desain Body F5 terlihat sangat Premium. Oppo berhasil memoles bagian belakang smartphone terbarunya seperti terbuat dari bahan metal, padahal material yang digunakan adalah polycarbonat. Meskipun tidak bertekstur, smartphone ini tidaklah licin dalam genggaman tangan anda.

Gambar terkait

Beralih ke samping bodi, di bagian kanan terdapat tombol power dan slot SIM Card. Saat kami buka, ternyata smartphone ini mengusung slot dual SIM dan MicroSD.

Hasil gambar untuk left side oppo f5

Di bagian kiri bodi terdapat tombol pengaturan volume up dan down. Sementara di bawah bodi, terdapat speaker, port MicroUSB dan jack audio 3,5 mm.

Hasil gambar untuk fingerprint oppo f5

Selain kamera, Oppo menampatkan sensor sidik jari di bagian belakang smartphonenya. Posisi sensor tersebut memang sedikit ke atas. Tapi kala mengenggam ponsel ini, jari telunjuk cukup mudah untuk menggapainya.

Speedy Facial Unlock



Teknologi SmartLock yang dimiliki Oppo F5 ini tidak jauh berbeda dengan teknologi yang diterapkan pada smartphone yang sedang hangat saat ini. Kita cukup dimudahkan dengan sensor wajah kita sebagai penganti pin, pola ataupun fingerprint yang biasa kita gunakan untuk membuka ataupun menutup smartphone ini.

Referensi :

http://gadget.jagatreview.com/2017/10/spesifikasi-oppo-f5-akhirnya-terungkap/
http://tekno.liputan6.com/read/3140018/mengagumkan-ini-hasil-foto-kamera-belakang-oppo-f5


EmoticonEmoticon